Kawah Institute Indonesia

Pusat Studi dan Pembelajaran Generasi revolusioner

Foto Saya
Nama:
Lokasi: Solo, Central Java, Indonesia

Kawah Institute adalah Lembaga independen yang senantiasa berusaha untuk bersama-sama menjadikan tempat ini sebagai pusat studi dan pembelajaran generasi revolusioner,bertujuan agar senantiasa terjadi perubahan secara radikal, sistematis, serta terencana {Revolusi}

Jumat, Agustus 20, 2010

Selamat datang, Para Pemikir, dan Pembaharu

Oleh Arif saifudin yudistira*)

Selamat datang di dunia anda yang baru. Selamat datang mahasiswa baru. Anda akan berpetualang dan berfantasi di kawah candra di muka bertajuk universitas. Universitas inilah yang akan mengantarkan anda menjadi manusia unggul ataukah sebaliknya, anda akan menjadi bagian dari masalah universitas maupun negara yang perlu diselesaikan. Universitas inilah laboratorium anda dalam belajar dan praktek berbagai disiplin ilmu. Disinilah anda akan berkembang, dan mengembangkan diri.
Selamat datang para mahasiswa baru, anda sudah harus berubah. Sebab anda sudah memasuki predikat teragung yang layak disandang Tuhan “MAHASISWA”. Sudah waktunya anda tinggalkan kebiasaan yang akan membawa anda menjatuhkan nama anda sendiri. Sudah saatnya anda memikul beban moral kita semua sebagai mahasiswa. Yang mau tidak mau tidak bisa melepaskan dari tri darma perguruan tinggi. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Anda sudah berpendidikan, anda perlu mengembangkan penelitian, tapi anda juga tidak boleh menutup mata. Bahwa negeri ini sedang mengalami krisis yang multidimensional dan sangat akut dari berbagai sisi.
Belajarlah sesuai dengan keilmuan yang anda pelajari, namun perlu dan tidak boleh melupakan dan membatasi ilmu kita. Sebab itu,belajarlah, membacalah, dan berfikirlah, sebab tanpa berfikir dan melakukan sesuatu anda bisa jadi akan menjadi masalah baru bagi bangsa ini. Kembangkan potensi anda, anda akan bertemu dengan banyak komunitas, banyak organisasi, dan banyak iklim akademik yang luar biasa di kampus ini.

Mahasiswa& kebebasan berekspresi

Silahkan berekspresi di kampus ini sebebas-bebasnya. DI kampus inilah berbagai kebebasan akademik bisa anda kembangkan disini. Masuklah organisasi, apapun itu belajarlah disana,dan kembangkan potensi anda. Sebab komoditas terbesar abad 20 adalah bakat. Bakat anda yang akan membawa anda pada masa depan anda. Sebab itu, pupuklah di organisasi dan kembangkan bakat anda.
Kenalilah lingkungan anda, bacalah fenomena dan kritisi. Sebab salah satu visi pengembangan mahasiswa adalah mengembangkan sikap kritis. Kritislah sebab dengan mengkritisi anda berlatih bertanggungjawab terhadap apa yang anda katakan.
Kembangkanlah diri anda tanpa harus diperintah, sebab yang akan peduli pada pengembangan anda adalah anda sendiri. Kampus memfasilitasi anda untuk berkembang, gunakan sarana yang ada untuk meraih mimpi-mimpi besar anda.


Bermimpilah


Mimpi, adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Catatlah mimipi-mimpi anda di buku harian kehidupan anda dan wujudkan itu. Sebagai akhiran esai ini, bermimpilah para calon pemikir, dan pembaharu bangsa ini. Sudah saatnya anda mempunyai mimpi besar di awali dari kampus tercinta ini. Cita-cita anda dimulai dari sini. Jadilah intelektual yang mulai memikirkan nasib kemanusiaan, nasib kebangsaan, juga jadilah intelektual yang akan mengembangkan persyarikatan muhammadiyah.
Mengapa masalah kemanusiaan yang diutamakan, sebab sampai saat ini problem negeri ini adalah tanggungjawab dari semua manusia tanpa membeda-bedakan darimana ia berada dan rasa pa dia berada. Kedua, jadilah intelektual yang memikirkan nasib bangsa ini. Sebab masalah bangsa ini ada di pundak generasi-generasi muda ini. Terakhir, jadilah kelak intelektual yang mengabdi pada persyarikatan. Sebab muhammadiyah butuh kader intelektual juga kader ulama. Ulama-intelektual maupun intelektual-ulama.
Jangan takut bermimpi. Sebab orang-orang besar pun pernah lahir dari rahim kampus. Sebab sejarah anda pun diawali dengan keberanian mempunyai mimpi besar. Mulailah berfikir kritis, radikal, revolusioner, juga membangun. Sebab kampus ini perlu dan butuh masukan dan kritik dari kita semua agar menjadi kampus yang berkembang dan unggul. Agar kampus ini bisa mewujudkan visinya yaitu mewujudkan wacana keimuan dan keislaman yang sebenar-benarnya. Selamat datang para pemikir dan pembaharu. Hidup mahasiswa!!!Hidup mahasiswa!!!.


Penulis adalah Pendiri komunitas tanda tanya, belajar di universitas muhammadiyah surakarta
Dimuat di koran pabelan UMS

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda